Pasar Asemka adalah salah satu pasar grosir terbesar yang ada di Jakarta. Pasar ini menyediakan berbagai macam dan jenis aksesoris yang bisa anda pilih dan beli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Ada yang udah pernah ke Asemka? Bagaimana kondisinya? Ya, kalo soal bangunan, kondisi pasar Asemka ini memang tidak terlalu bagus, malah condong ga keurus, heheh. Tapi jangan liat dari luarnya, masuk aja dan rasakan sensasi belanjanya. Target konsumen dari pasar Asemka ini memang semua umur tapi biasanya, yang datang berkunjung ini para wanita. Nah, buat mbak-mbak, ibu-ibu atau mungkin mas dan bapak yang mau ke Pasar Asemka, sedikit tips yang mungkin bisa membantu anda sekalian:
  • Pilih Transportasi Umum
Sebenarnya ini opsional sih. Tapi lebih baik menggunakan trasnportasi umum, kenapa? Parkir di Asemka cukup susah. Terlebih lagi jika tujuan anda datang ke tempat ini hanya untuk beli barang eceran. Lebih baik menggunakan transportasi umum saja untuk menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya, Pasar Asemka berada di lokasi yang padat dan sering kali macet. Kemudahan transportasi umum juga akan anda dapatkan Tidak jauh dari Stasiun Jakarta Kota dan juga Halte Busway Kota.

Tapi jika anda membawa kendaraan pribadi, tips tambahan lainnya adalah jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Kita memang harus selalu waspada di mana saja.

  • Datang lebih pagi
Pasar Asemka adalah pasar yang termasuk besar dan tentunya tidak pernah sepi pengunjung. Oleh karenanya, ada baiknya jika anda datang lebih pagi. Hal ini bisa membuat anda lebih puas untuk berkeliling lebih lama sekaligus agar anda lebih nyaman karena suasananya akan lebih sepi.

  • Usahakan beli dalam partai grosiran
Belanja di Pasar Asemka memang sebaiknya membeli dalam jumlah grosiran. Pasar ini adalah pasar yang biasanya menjadi tujuan para pedagang eceran. Makanya, harga yang diberikan di sini juga akan lebih mudah. Untuk anda yang ingin berbelanja aksesoris di Pasar Asemka ini, tanyakan pad para pedagang apakah bisa membeli barang secara eceran. Walaupun bisa, anda akan mendapat harga yang sedikit lebih mahal dari pada yang dalam bentuk grosir.

Triknya bisa diakali dengan mengajak teman atau membeli bersamaan dengan titipan orang lain. Grosiran bisa dimulai dengan membeli 3 buah atau 6 buah per barangnya. Dengan mengajak teman, anda bisa berbagi harga dan barang sehingga akan memperoleh lebih banyak keuntungan.

  • Jangan ragu untuk berkeliling
Nah, pasar Asemka ini memang menarik untuk dijelajahi. Bukan karena bertabur aneka macam aksesoris yang menarik, tapi juga karena dengan berkeliling anda akan bisa mendapat lebih banyak gambaran harga dan barang. Anda bisa memperkirakan kualitas dan harga deal yang menarik tentunya.

  • Jangan ragu untuk menawar
Tawar menawar adalah aktivitas utama sebelum terjadinya transaksi. Biar harga yang ditawarkan sudah murah, anda masih memperoleh kesempatan untuk menawar lagi. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mendapat harga terbaik. Tapi dengan catatan juga, harus sewajarnya jangan sampai menyinggung pedagang, apalagi jika anda hanya membeli satuan.

  • Catat kebutuhan pokok yang anda cari
Mungkin anda akan berpikir tidak akan tergiur dengan aksesoris seperti kalung, pin, bros, jepit rambut, kipas, dan lain sebagainya. Jangan salah, perkiraan anda bisa saja melenceng. Ada baiknya memang direncakan dan dibuat daftar kebutuhan poko yang harus dibeli. Anda bisa lebih fokus agar lebih efektif.

  • Lebih baik tidak membawa pasangan
Hm… untuk poin ini lebih kepada kenyamanan berbelanja para wanita, heheh. Biasanya beberapa laki-laki paling malas kalau disuruh nemenin belanja. Lamaaaa… hahaha

  • Bawa air minum dan tisu
Nah, untuk stamina agar tidak dehidrasi lebih baik bawa air minum sendiri. Akan lebih bersih dan sehat tentunya. Lebih baik juga untuk membawa tisu atau sapu tangan. Berkeliling pasar Asemka cukup melelahkan lho walaupun juga menyenangkan.

  • Bawa uang tunai dan barang secukupnya
Walaupun menurut pengelola Asemka, pasar ini aman, ada baiknya lebih waspada. Bawa uang tunai secukupnya sesuai dengan budget yang anda perkirakan. Dan tentunya juga barang bawaan anda. Jangan berlebihan agar belanja anda aman dan nyaman.

  • Periksa kondisi barang
Karena membeli dalam partai besar, misalnya untuk souvenir pernikahan, anda juga harus jeli soal kondisi dan kualitas barang. Periksa barang kali ada yang rusak atau cacat. Memang malas apalagi dalam jumlah besar, tapi tak ada salahnya poin ini dicoba.

 
Picture
Apakah anda pencinta es krim? Jika iya, saya akan merekomendasikan salah satu tempat menjual es krim yang terkenal di Indonesia, yaitu Ragusa. Kalian tau dimana lokasi Es Krim Ragusa ? disini saya akan menjelaskan lokasi Es Krim Ragusa. Tetapi kita terlebih dahulu mengetahui sejarah terbentuknya Es Krim Ragusa.
 
Es Krim Ragusa ini adalah Ice Cream yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Ragusa berasal dari nama keluarga Italia, yang pada jaman kemerdekaan datang ke Indonesia hendak mempelajari taylor. Pada tahun 1932 sampai sekarang, Es Krim Ragusa sudah tidak dimiliki oleh orang Italia lagi, melainkan orang Indonesia tetapi kemudian berubah dan akhirnya mereka membuka usaha Es Krim yang bernama Ragusa.

Picture
 Toko es krim Ragusa terletak di Jalan Veteran I, paling enak kalau lewat stasiun Gambir menuju Jl Merdeka Utara kemudian di depan Depdagri putar balik, kemudian ambil jalur paling kiri, setelah melewati Mabes TNI belok kiri. Nah tepatnya sebelah toko yang jual pempek. Nah kalau naik kendaraan umum sangat disarankan menggunakan Busway, naik yang dari Pulo gadung menuju Hamonie, turun di halte Juanda, atau dari Harmoni naik jurusan Kalideres turun di halte Juanda dari situ jalan ke arah Jalan Veteran I.

Tempat ini ga terlalu luas. Bisa dibilang kecil dan sempit. Tapi arsitekturnya unik, khas Belanda. Begitu masuk yang terlihat adalah meja-meja kecil bulat dengan kursi rotan yang didesain agak rendah dan bermodel kuno. Di samping kanan kiri dindingnya dipasang foto-foto hitam putih yang menggambarkan rupa toko Ragusa jaman dulu dan potret jakarta tempo dulu. Keunikan tempat ini juga dapat dilihat dari mesin kasirnya yang masih menggunakan mesin kasir kuno. Untuk menambah kesan kuno, kadang ada pengamen yang menyanyikan lagu-lagu zaman dulu.

Namun, daya tarik terbesar di tempat itu yang jelas adalah ice cream nya. Karena tekstur ice cream disini sangat lembut dan memilki cita rasa tinggi. Ice cream disini dibuat dengan bahan berkualitas tinggi. Seluruhnya dibuat dengan handmade dan tanpa bahan pengawet.  Mungkin ini yang membuat rasa ice cream disini berbeda dengan ice cream lainnya.  Ada beberapa pilihan rasa ice cream disini, ada ice cream durian, special mix, banan split, spaghetti ice cream, tutti fruiti dll. Harganya mulai dari Rp. 15.000 sampai Rp. 27.000, tidak begitu mahal kan.
 
Picture
Museum Bahari menyimpan 126 koleki benda-benda sejarah kelautan. Terutama kapal dan perahu - perahu niaga tradisional. Di antara puluhan miniatur yang dipajang terdapat 19 koleksi perahu asli dan 107 buah miniatur, foto-foto dan biota laut lainnya.

Adalah bekas gudang rempah-rempah VOC Belanda, terletak di tepi Teluk Jakarta yang indah. Dahulu kala tempat itu menjadi pusat perniagaan penting. Begitu sibuknya sehingga perlu penjagaan ketat, Kapal-kapal besar dan kecil hilir-mudik mengangkut rempah-rempah, berupa cengkeh, buah pala, lada, kayu manis, kayu putih, tembakau, kopra, daun teh, biji kopi dan lain-lain diangkut ke Eropa dan beberapa negara lain di dunia.

Hasil bumi Nusantara ini menjadi monopoli komoditi penting perusahaan dagang VOC (Vereningde Indische Compagnie) Belanda. Hingga kini gudang tua itu masih bertengger dan terkesan angker. Cocok diubah fungsinya sebagai museum yang menyimpan benda-benda sejarah kelautan.

Picture
Museum Bahari

Museum Bahari menyimpan 126 koleki benda-benda sejarah kelautan. Terutama kapal dan perahu-perahu niaga tradisional. Di antara puluhan miniatur yang dipajang terdapat 19 koleksi perahu asli dan 107 buah miniatur, foto-foto dan biota laut lainnya.

Adalah bekas gudang rempah-rempah VOC Belanda, terletak di tepi Teluk Jakarta yang indah. Dahulu kala tempat itu menjadi pusat perniagaan penting. Begitu sibuknya sehingga perlu penjagaan ketat, Kapal-kapal besar dan kecil hilir-mudik mengangkut rempah-rempah, berupa cengkeh, buah pala, lada, kayu manis, kayu putih, tembakau, kopra, daun teh, biji kopi dan lain-lain diangkut ke Eropa dan beberapa negara lain di dunia.

Hasil bumi Nusantara ini menjadi monopoli komoditi penting perusahaan dagang VOC (Vereningde Indische Compagnie) Belanda. Hingga kini gudang tua itu masih bertengger dan terkesan angker. Cocok diubah fungsinya sebagai museum yang menyimpan benda-benda sejarah kelautan.


Bangunan tahun 1652

Bangunan berlantai tiga itu didirikan tahun 1652 oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda di Batavia. Tepatnya di jalan Pasar Ikan Jakarta Utara, menghadap Teluk Jakarta. Disebelah kanan tak jauh dari gudang induk dibangun menara. Sekarang dikenal dengan nama Menara Syahbandar dibangun tahun 1839 untuk proses administrasi keluar masuknya kapal sekaligus sebagai pusat pengawasan lautan dan daratan sekitar.

Secara signifikan gudang tersebut mengalami perubahan. Tahun perubahan itu dapat dilihat pada pintu-pintu masuk. Di antaranya tahun 1718, 1719 dan 1771. Pada masa pendudukan Jepang, tepatnya ketika perang dunia II meletus (1939-1945) gudang tersebut menjadi tempat logistik peralatan militer tentara Dai Nippon. Setelah Indonesia Merdeka difungsikan untuk gudang logistik PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PTT (Post Telepon dan Telegram)

Sejauh ini gudang bersejarah itu tampak lebih utuh setelah direnovasi Pemda DKI Jakarta dan diresmikan menjadi Museum Bahari pada 7 Juli 1977 oleh Ali Sadikin, yang pada waktu itu menjabat Gubernur DKI Jakarta. Di perut Museum Bahari tersimpan benda-benda sejarah berupa kapal dan perahu-perahu asli maupun miniatur. Mengingatkan kepada kita bahwa sejak jaman dahulu kala ‘nenek moyangku orang pelaut’. Ada kebanggaan ‘kebaharian’ dari bangsa pemberani di dalam mengarungi samudra luas dan ganas.

Picture
Dari perahu Bugis ke Kapal VOC

Di antara materi sejarah bahari yang dipajang antara lain perahu tradisi asli Lancang Kuning (Riau), Perahu Phinisi Bugis (Sulawesi Selatan), Jukung Karere (Irian) berukuran panjang 11 meter. Miniatur Kapal VOC Batavia, miniatur kapal latih Dewa Ruci, biota laut, foto-foto dan sebagainya. Museum ini selain sebagai pusat informasi budaya kelautan, juga menjadi tempat wisata pendidikan bagi leluhur baru yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai sejarah kebaharian bangsa tempo dulu.

Arsitek kolonial Belanda betul-betul mempersiapkan bangunan berlantai tiga itu secara matang. Agar dapat bertahan lama terhadap gempuran badai laut tropis yang mengandung garam. Tembok sekeliling gudang sangat tebal, tiang-tiag penyangga langit-langitnya pun kokoh. Menggunakan kayu ulin (kayu besi) berukuran besar sehingga tak gampang keropos dari gangguan cuaca mau pun rayap. Tiang-tiang penyangga itu berjajar ditiap lantai ruangan yang luas lagi lebar. Bayangkan, sejak gudang itu dibangun hingga sekarang, tiang penyangganya masih kokoh. Udara ruangan pun tetap terjaga. Dengan demikian rempah-rempah yang tersimpan disitu bisa bertahan lama tak gampang membusuk. Rancangan teknis pengaturan sirkulasi udara menjadikan seluruh ruangan terasa sejuk. Sehingga rempah-rempah itu tetap segar sebelum dikirim keberbagai tempat nan jauh. Pengaturan sirkulasi udara itu diupayakan dengan menempatkan puluhan jendela berukuran besar pada tiap ruangan. Bahkan jendela-jendela lebar itu selalu terbuka siang -malam sepanjang masa.

Picture
Pusat wisata bahari

Mimpi Pemda DKI Jakarta sejak Gubernur Sutiyoso berkuasa hingga turun panggung, gagal mengusung seputar Museum Bahari menjadi pusat wisata laut terbesar dan mewah. “Saya tidak tahu persis kenapa rencana akbar menata, meningkatkan derajat Museum Bahari dan seputar Pasar Ikan menjadi tempat wisata indah, nyaman dan menyandang fungsi ekonomi harus dibatalkan”, ungkap MA Yanto, yang waktu itu menjabat Wakil Kepala Museum Bahari, kepada wartawan.

Lebih jauh MA Yanto mengatakan, rencana tersebut sebetulnya menjadi prioritas utama bagi pengembangan wisata bahari di Teluk Jakarta. Bahkan katanya untuk menggolkan mimpi Pemda DKI Jakarta itu katanya sudah berulangkali dibicarakan dalam berbagai pertemuan para pejabat Pemda DKI Tetapi mungkin karena tidak tersedianya anggaran yang memadai dan tidak adanya investor, tidak dapat diwujudkan. Padahal Pemda DKI Jakarta waktu itu sedang giat-giatnya melaksanakan sejumlah proyek besar lainnya yang lebih bermanfaat

Bila mimpi Pemda DKI Jakarta terealisir, maka diseputar Museum Bahari akan lebih hidup. Rencananya dulu disekitar situ akan dibersihkan kemudian dirombak total. Termasuk pasar dan bangunan keong yang tampak kumuh. Sepanjang daratan di depan Museum Bahari akan digali sehingga menyatu dengan pantai laut Sunda Kelapa. Disitu wisatawan dapat menikmati perahu layar dan menghirup udara malam yang segar.

 
Picture
Bosan dengan kegiatan liburan yang itu-itu saja? Pergi dengan pesawat, check in di hotel atau motel, mengunjungi museum atau pusat perbelanjaan dan menikmati makan malam di restoran mewah mungkin sudah jadi hal biasa saat travelling.

Jika agenda travelling Anda cenderung membosankan, kenapa tidak mencoba sedikit tantangan? Sesekali cobalah berpergian ala backpacker dengan membawa perbekalan seadanya.

Travelling ala backpacker memang berisiko lebih besar dari cara berpergian pada umumnya. Karena itu, ada enam hal yang perlu Anda ketahui saat ingin berpergian ala backpacker

Picture
1. Riset
Ada baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu daerah atau negara yang akan dikunjungi. Pelajari bahasa negara tersebut, tapi Anda tidak harus memahaminya secara lengkap. Cukup ketahui beberapa frase paling dasar, seperti 'halo', 'selamat tinggal', 'terima kasih', 'tolong', 'permisi' atau 'apakah Anda berbahasa Inggris?'. Hal ini akan memudahkan Anda menanyakan informasi kepada warga setempat.

Masyarakat lokal juga akan merasa dihargai jika ada orang asing yang tahu bahasa mereka, walaupun hanya sedikit. Kenali juga adat dan budaya di tempat Anda berkunjung. Setiap negara punya etiket masing-masing tentang hal-hal yang dilarang atau dibolehkan di wilayah mereka. Semakin banyak Anda tahu, akan semakin memudahkan perjalanan backpacking Anda. Cari tahu juga kegiatan rutin di negara atau daerah tersebut, misalnya acara festival atau kegiatan tradisi.

2. Ajak Teman
Saat backpacking, akan lebih seru jika Anda mengajak dua atau tiga teman. Selain bisa seseruan bersama, pengalaman yang didapat akan lebih menarik dan tentunya Anda tidak akan sendirian saat tersesat di daerah antah berantah.
Picture
3. Bawa Barang Seperlunya
Kepraktisan dan kemudahan adalah hal paling penting untuk bacpacker saat berkemas. Cukup bawa perbekalan dalam kemasan 'travel size'. Anda tidak perlu membawa pasta gigi kemasan besar, atau sebotol besar shampo dan sabun cair. Sabun kecil batangan akan lebih praktis dibawa dibandingkan sabun cair.

4. Pakaian dan Sepatu
Seorang backpacker disarankan tidak membawa pakaian terlalu banyak, yang berarti, Anda harus sering mencucinya saat travelling. Karena itu, bawa pakaian yang cepat kering setelah dicuci. Pastikan juga Anda membawa pakaian yang nyaman dan praktis dikenakan.

Untuk sepatu, pastikan kenyamanannya saat dibawa berjalan jauh, berdiri lama atau berlari. Anda perlu membawa tiga pasang sepatu: sandal tahan air, sepatu datar atau kitten heels untuk mengunjungi klub atau pusat perbelanjaan dan sepatu sneaker yang nyaman.

5. Jangan Terpaku di Zona Nyaman
Ketika menjadi seorang backpacker, Anda harus berpikiran terbuka dan menghargai orang. Saat berpergian dengan uang dan perlengkapan seadanya, mungkin Anda akan menghadapi sejumlah kendala. Anda harus menghadapinya dengan sabar dan tenang karena justru disitulah seninnya berlibur ala backpacker. Coba jalin komunikasi yang baik dengan backpacker lain dan warga lokal setempat. Mungkin beberapa di antara mereka ada yang bersikap aneh atau kurang menyenangkan tapi hindari bersikap defensif dan banyak argumen.
Picture
6. Berani Ambil Risiko
Bagian paling menarik dari travelling adalah petualangan. Jangan takut ambil risiko, tapi tetap perhitungkan segala sesuatunya dengan matang. Misalnya saja, Anda bisa mencoba telusuri tempat-tempat bersejarah pergi ke wilayah yang masih jarang didatangi orang atau mencoba kuliner unik dan khas di negara yang Anda kunjungi. Namun, selalu waspada di mana Anda berada dan dengan siapa Anda bersama. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi, seperti minum minuman beralkohol terlalu banyak sehingga membuat Anda mabuk.

 
Picture
Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk merupakan kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan wisata alam dan berpusat pada pengembangan ECOTOURISM. Kami menawarkan pengalaman baru bagi anda yang ingin menikmati keindahan hutan di kota Jakarta. Anda dapat merasakan pengalaman menanam bibit mangrove (bakau) secara langsung disini. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi keluarga dan edukasi bagi pelajar sekolah, TWA juga cocok menjadi pilihan bagi instansi yang ingin menggelar acara (ulangtahun perusahaan hingga program CSR).Luas area TWA Angke Kapuk adalah 99,82 Ha yang merupakan tipe lahan basah yang didominasi vegetasi utama mangrove. Kawasan tersebut telah berubah menjadi tambak dan telah direhabilitasi tanaman mangrove 40% tindakan, pelestarian, dan penanaman kembali hutan mangrove.

Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Di Jakarta sangat dibutuhkan karena fungsi dan manfaatnya yaitu mencegah intruisi air laut kedaratan dan juga berperan dalam meredam bencana banjir karena 1 gram lumpur mampu menyerap 3 gram air. Terletak di wilayah Kota Madya Jakarta Utara, keberadaan hutan mangrove sebenarnya sangat penting namun mulai menghilang akibat perambahan hutan mangrove, pencemaran air dan abrasi laut.

Berbagai jenis hutan mangrove yang mendominasi kawasan TWA Angkek Kapuk, antara lain: Api-Api (Avicenea sp.), Bidara (Sonneratia caseolaris), dan Bakau (Rhizopora mucronata & Rhizopora stylosa). Sedangkan jenis fauna yang mendominasi TWA Angke Kapuk adalah Pecuk Ular (Anhinga melanogastera), Kawok Maling (Nycticoraxnycticorak), Kuntul Putih (Egreta sp.), Kuntul Kerbau, dan  lainnya. Jenis reptil dan ikan, antara lain: Ikan Glodok (Glosogobius giuris), Udang Bakau, Kepiting, dan jenis-jenis ular tidak berbisa serta biawak.

Picture
Di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, anda dapat merasakan sendiri pengalaman menanam bibit mangrove / bakau.

Apa keuntungan dari menanam mangrove?

Dengan menanam anda dapat membantu pencegahan abrasi (pengikisan pantai oleh air laut) serta mencegah terjadinya intrusi air laut (merembesnya air laut ke daratan hingga ke sungai). Melestarikan lingkungan merupakan keuntungan lainnya sehingga anda dapat menikmati dan memahami keindahan sebenarnya dari alam. Kegiatan ini juga bisa mengajarkan ke berbagai generasi atas pentingnya lingkungan.

Dalam ekosistem hutan bakau, mangrove merupakan satu dari beberapa jenis pohon yang merupakan penyusun utama dalam ekosistem tersebut. Dengan menyeimbangkan ekosistem berarti kita juga menjaga kelestarian flora dan fauna yang tinggal didalamnya. Terdapat tiga jenis utama pohon mangrove, yaitu : Api-Api (Avicennia), Bakau (Rhizophora sp.), dan Pidada (Sonneratia acida).


Picture
Kegiatan menginap juga dapat dilakukan di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Disini tersedia beberapa pilihan tempat menginap yaitu : Camping Ground (permanen & diatas air), Pondok Alam, Honeymooon Cottage, dan Villa.

Dengan menginap, anda dapat merasakan kondisi alam yang sangat berbeda dengan kondisi hiruk-pikuk perkotaan. Selain itu, anda juga dapat menikmati terbitnya matahari (sunrise) hingga tenggelam (sunset) yang dapat diselingi dengan berbagai kegiatan seperti penanaman mangrove, fotografi, permainan air, dan lainnya.


 
Picture
Pantai Baron
Di pantai ini pasir yang terhampar tidaklah sepenuhnya putih karena sepertinya pasinya mengandung biji besi karena sepanjang kaki saya menapak, pasir terlihat berkilau-kilau. Pantai Baron ini sangat unik karena terdapat muara sungai bawah tanah dengan air tawarnya yang jernih dan kemudian menyatu dengan lautan.



Picture
Pantai Kukup
Pantai ini indah sekali. Banyaknya karang di pantai ini membuat ombak terpecah jauh dari bibir pantai sehingga pengunjung dapat menikmati berjalan di laut tanpa harus takut terseret ombak. Di sini pun banyak pernjual makanan seperti rujak dan di tempat ini pula, banyak sekali penjual ikan goreng.



Picture
Pantai Sepanjang
pantai ini masih merupakan rangkaian dari pantai baron. disebut juga sebagai pantai Kuta tempo dulu. Pantai ini disebut pantai sepanjang karena ternyata pantai ini memiliki garis pantai terpanjang jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Pantai ini memiliki karang yang berbeda dari pantai lainnya. kamu bisa nemuin bintang laut, kerang, rumput laut, dsb loh! masih sangat alami.

Picture
Pantai Siung
Siung, kalau dalam bahasa Indonesia berarti taring. Pantai Siung mempunyai pasir berwarna putih dan relatif masih cukup bersih. Di pantai ini banyak terdapat batu-batu karang berukuran besar yang terdapat di sebelah barat pantai yang menambah keindahan panorama.


Picture
Pantai Ngrenehan
Saat memasuki kawasan Pantai Ngrenehan, para wisatawan akan disambut oleh deretan warung makan di sebelah kiri dan kanan jalan. Di antara deretan warung makan tersebut berdiri sebuah bangunan tembok berwarna putih, yakni Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di ujung sebelah kanan deretan warung makan terdapat sebuah bangunan berbentuk rumah joglo yang merupakan tempat para bakul ikan menjajakan beragam jenis hasil laut yang masih segar untuk para pengunjung. Pantai Ngrenehan secara administratif termasuk ke dalam wilayah Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.